Jumat, 16 April 2010

Kesimpulan Opsi Acara

Sekali lagi terimakasih untuk rekan-rekan 2000 yang selalu setia mengikuti perkembangan acara Road to Dasawarsa Archicad 2000. Singkat kata, sepanjang proses pra-panitia berlangsung telah memberikan kesimpulan sebagai berikut.

hasil polling lokasi acara


Berdasarkan hasil polling mengindikasikan adanya keinginan besar rekan-rekan 2000 untuk memilih lokasi bernuansa pantai/lautan dengan pertimbangan utama adanya nilai-nilai nostalgia pada saat pertama kali kita mengadakan acara kumpul bersama yang pada saat itu berlokasi di Carita, Anyer. Disisi lain, perihal perjalanan ke pulau juga merupakan pilihan yang sangat menarik sekaligus penuh tantangan. Bagaimanapun juga atas dasar pertimbangan opini-opini resiko yang terungkap, dengan berat hati perjalanan ke pulau sementara waktu di urungkan. Kabar gembiranya, akan sangat memungkinkan dengan suksesnya acara ini akan membuka jalan ke acara yang lebih besar. Salah satunya Road to Island Archicad 2000. :D

Alternatif kedua adalah pegunungan, walaupun hasil polling sedikit, tetapi ini bisa menjadi alternatif yang baik bila terjadi hambatan yang berarti pada pilihan ke pantai.

Alternatif ketiga adalah dalam kota, pemilihan acara yang berlokasi dalam kota termasuk sangat populer dan menjadi alternatif yang sangat memungkinkan seperti halnya ke pantai. Dikarenakan, hal ini sangat memudahkan rekan-rekan yang memiliki waktu padat. Ditambah juga, dari segi pencapaian akan lebih memudahkan bagi mereka yang telah berkeluarga.

Dari pertimbangan ini, langkah berikutnya adalah survey lokasi. Lokasi tersebut dipecah dalam tiga kategori:
1. All-in-entertainment at Jakarta. Seperti, omah sendok dan Mang engking
2. Trip keluar kota Jakarta indoor + Outdoor. Yaitu, Puncak dan Anyer
3. Outbound disekitar Jabotabek. Yaitu Tanah Tingal

Bila ada rekan-rekan 2000 punya informasi atau relasi mengenai tempat yang masuk dalam kategori di atas, harap bantuannya untuk menghubungi panitia untuk didata. Terimakasih.

Hormat Kami,
Tim Pra-Panitia

berikutnya: Draft Jadwal Kegiatan

Draft Jadwal Kegiatan

Acara akan di usahakan dilaksanakan pada tanggal 20-21 November 2010, tanggal tersebut akan dikonfirmasikan lebih lanjut setelah tempat dan lokasi telah ditentukan dan sukses melalui proses booking. Pada dasarnya dimanapun acara berada, hasil rapat telah memberikan gambaran susunan acara. Draft Jadwal Kegiatan berikut ini masih berupa asumsi, besar kemungkinan akan direvisi bila memang diperlukan.

Pagi hari - Acara Pembukaan
  • Tiba di lokasi
  • Opening
  • Goodie Bag: Kaos satu dasawarsa dan Pembagian buku kenangan satu dasawarsa
  • Snack Pagi
  • Permainan ringan
  • Makan Siang

Siang Hari - Acara Utama
  • Foto angkatan Sesi I
  • Tukar kado
  • Karaoke
  • Organ Tunggal
  • Foto angkatan Sesi II
  • Doorprize

Menjelang Malam Hari - Acara Penutup
  • Api unggun
  • Barberque
Opsional (Tamu bisa pulang atau bisa lanjut menginap)
Acara bebas hingga esok hari

Seperti yang telah diurai di atas, acara dasawarsa di rencanakan akan memberikan pilihan bagi peserta untuk mengikuti acara satu hari saja atau ingin lanjut menginap satu malam dan pulang ke-esokan harinya.

Draft Acara

Hi rekan-rekan 2000. First of all, terimakasih tetap setia memberi berbagai masukan sepanjang proses pra-panitia berjalan. Pada tahap ini kita akan mencoba menyusun draft acara yang lebih fokus berupa kesimpulan awal dan gambaran acara terbaik. Informasi lebih lanjut, silahkan telusuri link berikut:
  1. Kesimpulan opsi acara
  2. Draft jadwal kegiatan

Jumat, 09 April 2010

Suara Anda

"coba pertimbangkan tentang hujan deh...november rain boook! ga asik kalo outbond ujan2an..hihihi..kayak baksos aja!" (Dina)

"tmp sekitar jkt ajah..biar lbh gampang..." (Konenk)

"gpp klo nyebrang pun...asal tempatnya OK...he" (Uly)

"
kalo mau pantai nggak usah yg pake nyebrang2 (pulau)... carita atau anyer aja.." (Roro)

"
kata temen kita yang udah beranak, ribet kalo ke pulau seribu" (Gigo)

Selasa, 06 April 2010

Konsep Pendanaan

Konsep pendanaan sangat penting dijelaskan dari awal. Karena dari pengalaman, berulang kali kita alami suatu acara tersendat dikarenakan faktor biaya. Biaya sering menjadi tabu bagi kita karena akan berkesan komersil dan melupakan aspek kebersamaan itu sendiri. Tujuan dari konsep pendanaan ini adalah untuk mencapai pemahaman bersama 'agar yang tabu menjadi layak di perbincangkan'. Jiahh acara gosip banget ya!

Strategi pencapaian dana:
  1. Pendataan nama dan nomor/email/ym/fb yang bisa dihubungi selengkap-lengkapnya.
  2. Melakukan polling berapa dana yang ideal seperti pada Question 2. Polling dana tersebut bersifat tertutup. Jawaban kerahasian pemilih dijamin, gw sendiripun ngga tau ente2x pilih apa! :P. Hasil akhir dari polling ini akan memberikan gambaran 'range' biaya yang bisa kita kumpulkan.
  3. Dari range biaya bisa memberikan gambaran acara apa yang bisa dilakukan dari sekian banyak opsi acara yang ada. Misalnya saja, kita kekurangan dana dikarenakan ekspetasi kita terhadap acara yang terlalu tinggi. Disinilah perlu di sebutkan dari awal kenapa konsep pendanaan sangat penting. yaitu "bagaimana sumber dana itu dapat diperoleh untuk mengadakan acara yang terbaik sesuai dengan pilihan dan kemampuan kita".
  4. Panitia pengumpul dana dan bendahara harus berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan jika diminta oleh peserta acara.
  5. Kita sadar, masing-masing dari kita mempunyai kemampuan ekonomi yang berbeda-beda. Disinilah konsep pendanaan dapat bermanfaat, yaitu Fleksibilitas Pemasukan. atau bahasa kerennya 'Income Flexibility'. cie.
Bagaimana cara menerapkan 'Income Flexibility'?

1. Menentukan 'biaya pokok' yang harus dipenuhi perorangan berdasarkan kondisi sebagai berikut:
  • Jika Tamu ingin mengikuti acara tetapi tidak ada biaya maka sepenuhnya biaya ditanggung Donatur/sponsor. Tamu ini masuk dalam kategori 'Gold Guest'.
  • Jika Tamu ingin mengikuti acara tetapi hanya mampu bayar sebagian, maka selisihnya ditanggung Donatur/sponsor. Tamu ini masuk dalam kategori 'Silver Guest'
  • Jika Tamu bisa mengikuti acara dan membayar penuh tapi dengan dicicil. Tamu ini masuk dalam kategori 'Runner-up Guest'
  • Jika Tamu bisa membayar penuh dalam sekali bayar. Tamu ini masuk dalam kategori 'Regular Guest'
  • Jika Tamu bisa membayar penuh dan memberikan donasi. Tamu ini masuk dalam kategori 'Blessed Guest'
2. Penentuan biaya pokok sudah termasuk biaya tak terduga, sehingga menihilkan kendala kekurangan biaya.
3. Bila ada dana lebih/sisa maka pilihannya disesuaikan dengan keinginan individu dan kesepakatan bersama.
  • Menjadi simpanan bersama bila ingin mengadakan acara lagi.
  • Bila diinginkan, dana yang dikembalikan akan mempunyai rumus fungsi kalkulasi khusus. Seperti misalnya 'Blessed Guest' akan memperoleh persentase refund yang berbeda-beda sesuai jumlah dana yang disumbangkan. Sedangkan 'Regular Guest' dan 'Runner-up Guest' akan memperoleh jumlah refund yang sama.
  • Bila memungkinkan, dana lebih dapat disumbangkan bagi yang membutuhkan.

Pada dasarnya tidak banyak hal yang baru dari konsep pendanaan ini. Hal ini ditulis bertujuan supaya adanya pemahaman bersama sehingga semua permasalahan dana bisa kita atasi secara kebersamaan, 'that's what archicad 2000 stands for!' jiah.. prikitiuw.. Harapan kita lebih banyak arsitek 2000 yang hadir bila masalah pendanaan ini terselesaiken. :D viva archicad 2000.

ps. hiks T.T kenapa harus gw juga yg bikin konsep dana? Yg pernah atau berprofesi bendahara/keuangan/akutansi bantuin sempurnain konsepnya yak! T.T nangis lagi ah..


Salam Anget,
Aditya Yustika
Divisi Publikasi
ym!: digi_archi
m. 081383717052

Sabtu, 03 April 2010

Berapa biaya dasar perorangan yang ideal untuk mengikuti kegiatan ini?

Q. Berapa biaya dasar perorangan yang ideal untuk mengikuti kegiatan ini?
Status: coming soon

Pilihan yang akan tersedia:
  1. Kurang dari Rp 100,000 perorang dewasa
  2. Rp 100,000 s/d Rp 200,000 perorang dewasa
  3. Rp 200,000 s/d Rp 500,000 perorang dewasa
  4. Rp 500,000 s/d Rp 1,000,000 perorang dewasa
  5. >Rp 1,000,000 perorang dewasa

Keterangan:
  • Jumlah tersebut adalah biaya pokok, belum termasuk tambahan dari sponsor dan donasi.
  • Biaya perorang bisa berarti termasuk / tidak termasuk dengan anggota keluarga (anak, suami dan istri)
  • Jika biaya adalah perorangan, maka akan ada perbedaan tarif untuk anak, sehingga bisa lebih murah bahkan gratis.

Dimana lokasi paling ideal menurut anda?

Q: Dimana lokasi paling ideal menurut anda?
status: sedang dalam proses voting

Opsi yang tersedia:

1. Pantai/Pulau






Contoh: Carita, Pulau Seribu, Ancol, bali, lombok, dsb.
Nilai lebih:
  • Memperoleh suasana ketika arsitek 2000 pertama kali mengadakan kumpul bersama.
  • Bermain pasir, berenang dan surfing.
  • Sensasi pasir, laut, sunset/sunrise, api unggun.
Kendala:
  • Sebagian anggota arsitek 2000 kesulitan bila harus menginap dan pergi jauh karena pertimbangan anak dan keluarga. (Kecuali Ancol bagi yang berdomisili di Jakarta)

2. Pegunungan








Contoh: Puncak, Arung Jeram Citarik, Rafting Sungai Ciberang dsb.
Nilai lebih:
  • Sensasi hijau rindang, suara burung berkicau, udara segar alami, api unggun, rafting, outbound.
Kendala:
  • Sebagian anggota arsitek 2000 kesulitan bila harus menginap dan pergi jauh karena pertimbangan anak dan keluarga

3. Jabotabek









Contoh: Sewa hall/aula, outbound, city garden
Nilai lebih:
  • Lokasi yang relatif strategis, kemudahan dan kepraktisan.
  • Tersedia beragam opsi kegiatan.
  • Tidak harus menginap memudahkan bagi yang sudah berkeluarga yang tinggal di Jakarta.
Kendala:
  • Sebagian arsitek 2000 bosan dan jenuh dengan suasana kota Jakarta.

4. Ide Lain









Merupakan ide-ide lain yang tidak/kurang bisa dimasukkan dalam kategori diatas:
Contoh:
  • Jalan-jalan keluar negri dengan air asia/penerbangan murah lainnya, misal Singapore, Malaysia, Thailand dan Vietnam.
  • Trans Studio dan wisata kuliner di Makasar
Pertanyaan lanjutan:
Q. Berapa biaya dasar perorangan yang ideal untuk mengikuti kegiatan ini?

Jumat, 02 April 2010

Jadwal Acara dan Kegiatan

Sabtu, 20 November 2010
12:00~
  • Check in
14:00
  • opening dan doa bersama
  • foto session 1
  • Barberque
  • mini games
15:30
  • break Ashar
16:00
  • foto session 2
  • mini games
  • foto session 3 (sunset)
  • pembagian hadiah lomba
18:00
  • break Maghrib
18.30
  • karaoke
  • doorprize
19.30
  • barberque dan api unggun
  • pemutaran film/foto
  • istirahat

21 November 2010
08:00 ~
  • olahraga pagi & morning coffee
10:00
  • persiapan pulang

Timeline

Kumpulan Opsi Acara

Kumpulan referensi untuk ide dan acara:

1. Rafting Sungai Ciberang. (kontributor: Charlie)








Point of interest:
  • Tempat masih fresh
  • Belum terlalu di explore, kemungkinan harga relatif terjangkau
  • Prakiraan tarif rafting sekitar 195rb rupiah.
  • Referensi Web: Link to
  • Contact: Green Universe, (021)23767810
2. Outbound at Tanah Tingal (kontributor: Semper)












Point of Interest:
  • Area permainan anak
  • Outbound area
  • Info lebih lanjut: download

3. Rafting Citarik (kontributor: Dedek)









Point of interest:
  • Alternatif dari rafting sungai Ciberang
  • Lokasi di Sukabumi, Jawa Barat
  • Selain rafting ada juga kegiatan outbound lainnya
  • Referensi web: link to
  • Contact: Grha Selaras, (021)7827623
4. Pantai Carita - Anyer (Kontributor: Dedek)








Point of interest:
  • Chill out di tepi pantai sambil menikmati sunset
  • Api unggun dengan hidangan kelapa muda dan ikan bakar
  • Berenang, banana boat.
5. Kepulauan Seribu (Kontributor: Dedek)








Point of interest:
  • Banyak pilihan pulau untuk dikunjungi dan harga bersaing/bervariasi
  • Snorkling, diving, canoeing, kolam renang, tenis, ping-pong, taman bermain, karaoke
  • Referensi web : link to
6. Pulau Pramuka (Kontributor: Ully)









Point of Interest:
  • Snorkling, sunset watch
  • Contact: Heri : 021-83785617; 08129545598
  • Referensi web: link to
  • Attachment: download
7. Wisata di Pulau Umang (Kontributor: Ully)









Point of Interest:
  • Bersih, private, sejuk, pelayanan lumayan, makanan lumayan,
  • Kolam renang, gajebo, jaguchi, karoke masal, volley pantai, lapangan footsal, snorkeling, banana boat, speed boat, fishing
  • Referensi web: link to
  • Attachment: download

8. Ujung Genteng Adventure & Sunny Day in Pangandaran (Kontributor: Ully)




Point of interest:
  • Pasir putih, airnya bening, penyu bertelur, biota laut yang terjaga.
  • Green Canyon, surfing, sepedaan, sunrise & sunset, ATV.
  • Wisata kuliner (seafood, sop buah, kelapa muda)
  • Contact: Andry 0857.11.111.581
  • Attachment: download
9. Villa Permata (Kontributor: Dina)









Point of interest:
  • Harga sewa yang bersahabat
  • Rumah panggung dengan latar belakang pegunungan Puncak
  • Gambar-gambar lainnya: link

10.
dst.

Sumbangkan ide anda untuk didata.

Polling

Daftar Pertanyaan yang akan/sedang/telah diajukan untuk dibuat polling:
1. Dimana lokasi paling ideal menurut anda? (Status: sedang proses)
2. Berapa biaya dasar perorangan yang ideal untuk mengikuti kegiatan ini? (Status: coming soon)
3.
4.
dst.

*Bagi yang ingin mengajukan ide untuk dijadikan polling silahkan tinggalkan comment disini atau langsung hubungi divisi publikasi.
*Apapun hasil akhir polling bukan berarti pilihan lainnya tidak dipertimbangkan. Dari kendala yang ada harus bersama dicarikan solusinya.

Rincian Biaya


Pembayaran transfer ke Rekening BCA:
no. Rek: 478 009 44 73
a/n: Udananti Bayuningrum
Konfirmasikan setelah pembayaran.

Untuk info lebih lanjut hubungi:
Semper:
08567835448

Panitia Acara

Perlu diajukan kepanitian pada waktu hari H

Panitia Persiapan

General Reunion Coordinator
Adi Soelistyo
Deskripsi posisi: Memantau, mengkordinasi dan menjaga lancarnya proses dasawarsa archicad agar berjalan sesuai dengan rencana.

General Finance Control
Dina Udananti
Deskripsi posisi: Mengatur kelancaran dan keseimbangan keluar masuknya pendanaan.

Program Coordinator Leader
Pipit 'Cemas'
Deskripsi posisi: Merancang susunan acara berdasarkan need and demand dari para peserta yang diselaraskan dengan semangat dasawarsa archicad 2000

Publication Administrator
Aditya Yustika
Deskripsi posisi: Merancang, membuat dan merevisi segala perkembangan dan informasi terkini untuk dipublikasikan ke peserta. seperti blog dasawarsa archicad 2000.

Logistic Manager
Yudi Arvino
Deskripsi posisi: Mengkordinasi ketersediaan akan kebutuhan perlengkapan dan peralatan penunjang yang dibutuhkan untuk acara.

Art & Design Director

Odie
Deskripsi posisi: Membuat dan merancang segala sesuatu yang berhubungan dengan mendesain agar selaras dengan semangat dasawarsa archicad 2000. Seperti, desain kaos dan disain flyer.

Production Control
Phephe
Deskripsi posisi: Mengoptimalkan kualitas produksi yang terkait dengan tugas art & design director. Seperti membuat kaos.

Pra-Panitia

Pra-panitia telah usai ^^, transisi ke panitia persiapan.. Terimakasih atas partisipasi rekan-rekan 2000. Lanjutkan!!

Pra-Panitia

Divisi Konsep Acara:
1. Semper (Director)
2. Uly
3. Dince

Divisi Publikasi:
1. Dedek (Director)
2. Phephe
3. Odie


Divisi Humas:
1. Charlie (Director)
2. Gigo

Selama Pra-panitia berlangsung, thanks to:
Mimbar, Roro, Pipit, Dina, Debo, Della, Dedek, Semper, Gigo, Dewa, Lae, Charlie, Joy, Ully, Yudi, Anjay untuk hadir dalam pemanasan dasawarsa archicad 2000

Thanks to rekan-rekan 2000 yang ikut dalam conference chat pada tanggal 15 April 2010

Thanks to panitia konsep acara, publikasi dan humas yang telah menyisihkan waktunya demi suksesnya acara ini ^^

Panitia

Pada dasarnya, masing-masing arsitek 2000 secara otomatis merupakan bagian dari kepanitiaan. Tidak ada hierarki vertikal dalam susunan kepanitiaan. Spesialisasi kepanitiaan yang dibagi dalam divisi guna mempermudah komunikasi. Secara garis besar kepanitian dibagi dalam tiga tahap:

1. Pra-Panitia; yaitu kepanitiaan untuk mencari solusi acara yang terbaik.
2. Panitia Persiapan; yaitu kepanitiaan untuk merealisasikan acara.
3. Panitia Acara; yaitu kepanitiaan untuk menjaga kelancaran acara pada hari-H.

Definisi lengkap kepanitiaan berdasarkan artikel Skema Kerja Makro.

Skema Kerja Makro

klik gambar untuk perbesar




Keterangan:
  • Konsep: Memilih tema acara dari berbagai opsi berdasarkan kesepakatan bersama melalui polling dan forum diskusi.
  • Draft Proposal: Menentukan lokasi, prakiraan waktu dan draft kegiatan, draft biaya yang diperlukan, dan organisasi kepanitiaan.
  • Proposal Final: Rincian biaya, lokasi, waktu dan acara. Berupa soft-copy yang akan di distribusikan keseluruh alumni arsitek 2000.
  • Persiapan: Pengumpulan dana, booking akomodasi, logistik, transportasi (bila keluar kota).
  • Acara: Yeehaaaaa!! Fifu fifu..
  • Feedback: Mengkoleksi, post-production dan distribusi dokumentasi (Foto dan Film).
  • Pra-panitia: Menyimpulkan seluruh program acara beserta rincian biaya.
  • Panitia Persiapan: Memenuhi semua kebutuhan yang disebutkan dalam Proposal Final.
  • Panitia Acara: Menjaga kelancaran acara dari keberangkatan hingga pembagian dokumentasi.
  • Re-shuffle: Penempatan ulang kepanitiaan dari pra-panita, panitia persiapan hingga panitia acara.

F.A.Q

Q. Apa tujuan blog ini?
A. Sebagai pusat informasi tentang perkembangan acara Dasawarsa Archicad 2000

Q. Apa peran saya di blog?
A. Minimal Menjadi follower, mengisi polling dan memberi masukan dengan memberikan komentar dari topik terkait.

Q. Bagaimana cara memberikan komentar?
A. Setiap artikel terdapat link 'COMMENTS' di akhir posting. Klik link tersebut dan akan terbuka jendela untuk diisi.

Q. Mau dong jadi panita atau bantu menyukseskan acara?
A. Secara otomatis setiap arsitek 2000 merupakan bagian dari kepanitiaan, spesialisasi bidang dapat anda konfirmasikan ke divisi publikasi sesuai dengan minat dan kemampuan.

Q. Duh! Gw mau dong up-to-date acara ini?
A. Okee. Caranya bookmark (ctrl+D) blog ini dan jadi followers dengan mengklik opsi yang tersedia (Facebook, eMail, dan Twitter)

Q. Mo nanya info lebih lanjut kemana?
A. Hubungi panitia inti. oke!!

Pemanasan Dasawarsa Arsitek 2000















Lokasi: Plaza Senayan
Waktu: 19.00 s/d selesai, 1 April 2010

Acara di-PS telah dihadiri oleh: Mimbar, Roro, Pipit, Dina, Debo, Della, Dedek, Semper, Gigo, Dewa, Lae, Charlie, Joy, Ully, Yudi, Anjay,

Perihal:
  • Pembuatan Blog Dasawarsa Archicad 2000
  • Konsep acara beserta alternatifnya yang kemudian akan dibuat polling di blog ini
  • Menghubungkan informasi di blog ini ke masing-masing anggota arsitek 2000 via facebook, twitter, yahoo, dan social networking lainnya.
  • Pembentukan pra-panitia.
  • Draft kaos untuk acara
  • Dasawarsa direncanakan pada bulan November
Salam anget,
Aditya Yustika
Divisi Publikasi
ym. digi_archi
hp. 081383717052